PUBLIC RELATION


Public Relation atau yang sering kita sebut PR mempunyai banyak pengertian dari beberapa ahli seperti,

J.C Seidel, PR Director, State of New York
Proses kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik (goodwill) dan pengertian dari para langganan, pegawai, dan publik pada umumnya

Glenn Griswold & Denny Griswold
Fungsi manajemen yang melakukan penilaian terhadap sikap publik, penyesuaian politik, tata cara kerja dari suatu organisasi atau perseorangan dengan kepentingan publik, dan melakukan program aksi untuk memperoleh pengertian dan persetujuan publik

J.H. Wright
Suatu rencana tentang kebijaksanaan dan kepemimpinan yang akan menanamkan kepercayaan publik dan menambah pengertian mereka.
The Internasional Public Relation Association (IPRA)
Sebagai fungsi manajemen dari budi yang dijalankan secara berkesinambungan dan berencana, dengan nama organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bersifat umum dan pribadi yang berusaha memperoleh dan membina pengertian.

Dalam pengertian yang lebih luasnya Public Relation atau HUMAS (Hubungan
Masyarakat) adalah  
praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan. Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

4 KODE ETIK PRATISI HUMAS
Code of conduct

  (Etika perilaku sehari-hari terhadap intergritas pribadi, klien, media, dan lain-lain)
Code of proffesion
  (Etika dalam melaksanakan tugas atau profesi humas)
Code of publication
  (Etika dalam kegiatan proses dan teknis publikasi)
Code of enterprise
  (Menyangkut aspek peraturan pemerintah seperti hukum perizinan dan usaha, hak cipta, merek, dan lain-lain)

5 KRITERIA UNTUK MENJADI SEORANG HUMAS
Ability of communicate (Mampu berkomunikasi dengan baik)
Ability to organize (Kemampuan berorganisasi)
Ability to get on with people (Kemampuan bergaul dengan orang atau relasi)
Personal integrity (Berkepribadian utuh)
Imagination (Berimajinasi kuat)

Sumber : Buku Administrasi Humas & Keperotokolan (Dra. Aan Hariyanah, Dra. Tati Sutarni, Drs. Uu Supardi, Tatang Tahyan, S.pd.,M.MPd., Toyib Aryanto, S.Pd, Wikipedia, Google





Komentar

Postingan Populer